Rabu, 09 Januari 2013

PERAN JEJARING SOSIAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


          Asslamualaikum Wr.Wb
         Hai sobat wos id, gimana dengan aktivitas disekolahnya? Masih pusing mikirin tugas? Coba yuk baca artikel ini sebentar siapa tau bisa menambah informasi dan membuat kita tidak pusing lagi memikirkan tugas tugas menumpuk ;) artikel kali ini kita akan membahas tentang jejaring sosial. Pasti pada tau dongg apa itu jejaring sosial? Ada yang belum tau? Aduh parah-_- kalau gitu disini kita akan jelaskan pengertian dan peran jejaring sosial dalam kegiatan belajar mengajar.




     
Sebelumnya nih apasih jejaring sosial itu? Jejaring sosial atau social networking adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menujukan jalan dimana mereka berhubungan sesama sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes pada tahun 1954. Nah jejaring sosial ini bentuk dari komunitas internet yang terhubung dengan cepat. Beda dengan jejaring sosial dulu yan biasanya menggunakan chat, messenger atau milis yang biasanya pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tertentu. Kalau jejaring sosial yang sekarang disaat kamu memiliki akun twitter, tweet kamu pada twitter dapat didistribusikan ke facebook, pulrk , tumblr, dll. Dengan begitu kita jadi mudah untuk berkomunikasi dengan orang banyak.

     
 Sekarang kita akan bahas tentang peran jejaring sosial itu dalam kegiatan belajar mengajar. Banyak orang yang sering salah menggunakan akun akun jejaring sosialnya dengan menggunakannya untuk ajang menulis status yang berkata-kata kurang baik, mengupload foto yang tidak senonoh, bahkan banyak yang menggunakannya untuk tindak kejahatan seperti hacking dan penculikan. Padahal jika kita pintar dan dapat memnafaatkan kebaikannya jejaring sosial dapat membantu mempermudah kegiatan belajar mengajar kita. Kok bisa? Bisa dongg, apa sih yang gak bisa untuk teknologi yang sudah secanggih ini B-)

         Banyak macam-macam jejaring sosial seperti facebook, twitter, myspace, pulrk,ebudy, dll. Nah kebanyak macam jejaring sosial itu kita akan mengambil 2 macam saja yang sudah umum. Pertama facebook, pasti kalian pembaca setia wos id punya facebookkan? Biasanya apa yang kalian lakukan saat sedang online facebook? Membuat status, mengupload foto atau mungkin men-stalk seseorang ya? Kenapa kalian suka bermain atau online facebook? Apa mungkin untuk menghilangkan penat? Pasti kalian suka keterusan dan melupakan kewajiban kalian untuk belajarkan? Wos id punya nih solusinya. Coba kalian buat suatu grup difacebook yang anggotanya adalah teman teman sekelas kalian dan guru, itu akan mempermudah kalian untuk berkomunikasi sesama teman dan mempermudah guru memberi informasi. Komunikasinya bisa seperti membicarakan tentang PR, diskusi kelompok, atau bisa juga sharing pelajaran, dengan begitu waktu kalian tidak tersia-siakan. Selain untuk sharing data, kini facebook juga bisa digunakan untuk kolaborasi aplikasi (collaboration application), dari sebuah artikel yang kami baca dapat disimpulkan bahwa kolaborasi aplikasi itu penggabungan beberapa aplikasi seperti study groups (aplikasi yang digunakan untuk membantu kelompok belajar antar teman, misalnya mengerjakan  PR, belajar kelompok menjelang ujian), youtube video box (aplikasi yang digunakan untuk berbagi koleksi dan sharing video difacebook), slide share (sebuah aplikasi yang digunakan untuk sharing presentasi difacebook), quiz monster (aplikasi yang digunakan untuk membuat suatu kuis/ ulangan), dll. Kita manfaatkan aplikasi tersebut dengan cara mengintergrasinya (memnyatukan) dengan begitu facebook juga dapat kita jadikan sebuah e-learning.

          Kedua twitter, kalian memiliki account twitter? Apa yang sering kalian lakukan di twitter? Pernah tidak terfikir oleh kalian kalau twitter itu bisa dijadikan media untuk kita belajar? Berikut adalah beberapa kelebihan twitter untuk pembelajaran dari wos id dan beberapa sumber.
1. Sebagai media untuk kita mengembangkan kemampuan imajinasi menulis kita. Maksudnya adalah melatih kekreatifan kita saat kita menulis tweet kita bisa membuat sebuah tweet yang bermakna atau yang berhubungan dengan pelajaran.
2. Mendapat berita yang up to date. Twitter dapat dengan cepat mencari berita yang akan masuk yang dapat kita cari pada ‘search’ dan tau berita terkini pada ‘trending topic’.
3. Sebagai sharing data. Sama halnya seperti facebook pada umumnya jejaring sosial digunakan untuk sharing data karena jejaring sosial dapat mencangkup luas, penyebaran beritanyapun lebih cepat dan mudah.


         Kesimpulannya pemanfaatan jejaring sosial dalam bidang pendidikan :
1. Sebagai sharing data antara murid dengan murid, murid dengan guru dan guru dengan guru.
2. Sebagai pengasah kreatifitas.
3. Sebagai penghilang penat dan bosan dengan cara belajar yang kaku dan membuat suatu cara pembelajaran yang lebih menarik.
4. Dapat dijadikan sebagai sebuah e-learning.
5. Up to date tentang berita baik itu berita pendidikan.

         Sobat wos id segitu dulu ya artikel dari kami, jika kalian ada yang masih tidak tahu bisa komen dan kami menerima komen, kritik dan saran kalian J semoga bermanfaat yaa!
Sekian..
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Posting Komentar

Member of

Blog Competition